Sungai Elo

Rafting Sungai Elo dan Progo
January 19, 2017
Sungai Progo
January 26, 2017

Sungai Elo

WISATA arung jeram menjadi cara alternatif untuk menikmati alam Magelang. Tidak melulu harus ke Candi Borobudur, sungai-sungai yang masih alami menjadi pilihan tepat untuk bercengkerama dengan alam sekaligus melepas kepenatan dari seabrek aktivitas rutin.

Pilihan lokasi arung jeram yaitu Sungai Elo dan Sungai Progo Atas serta Progo Bawah. Sungai Elo relatif tepat untuk keluarga atau pemula. Singai Elo berada di desa Pare, Blondo, Kelurahan Mungkid, Jawa tengah.

“Medannya tidak ekstrem. Jadi, cocok untuk wisata arung jeram bagi keluarga atau pemula,” kata Supriyanto, Marketing Magelang Arung Jeram Kompas Adventure.
Ketua Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta, Nunuk Parwati bersama dosen dan karyawan kampusnya pernah melakukan arung jeram di Sungai Elo.

Dia sangat terkesan dengan keindahan alam sekitar sungai dan kondisi sungai yang airnya jernih dan bersih.

“Kami berkelompok saling berlomba siapa yang paling cepat sekaligus saling bercanda dengan menyiram air ke teman-teman di perahu lain. Ini membuat kami sangat terkesan mengikuti rafting di Sungai Elo,” katanya.

Kalangan pencinta alam mengategorikan Sungai Elo sebagai lokasi olah raga air grade I sampai III atau grade rendah. Pada grade lebih tinggi, IV sampai VI, punya trek sungai sepanjang 12 km dan ditempuh 2,5 sampai 3 jam serta merupakan sungai yang menampung air dari hulu Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Dengan sumber air asli dari perut pegunungan tersebut, kualitas air Sungai Elo sangat tinggi, warnanya jernih, dingin, jauh dari kontaminasi material vulkanik Gunung Merapi ,dan polusi lainnya. Aliran airnya cenderung stabil dan sangat jarang terjadi banjir dadakan. Keunggulan lainnya, even arung jeram di sana bisa dilaksanakan pada musim kemarau maupun musim hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *